Sabtu, 20 Juni 2015

Nabungnya Remaja Kece

Assalammualaikum^^ Happy Fasting yak gaes

         Nabung? siapa bilang kita para remaja kece gabisa nabung. Sinideh aku tunjukin buku tabungan yang isinya alhamdulillah banget hehe. Jadi di posting kali ini aku berkesempatan untuk meberikan tips tips jitu buat nabung versi remaja kece yang super duper gak mau dibilang katro. eits sebelum kita masuk ke tips kece nabung ala remaja kece ada baiknya harus cek ini dulu gaes Cermati.com di website itu banyak banget pengetahuan yang bisa kita dapet tentang Finansial semuanya ada.

Oke, ini dia tips nabung ala Remaja kece kayak aku hehe:
        1. Penentuan Bank
Pertama tama harus nentuin kemana tabungan kita bakalan berlabuh, remaja kece kayak kita harus tau ke bank mana kita akan nyimpen tabungan, Harus usahain ke bank yang potongan administrasi perbulannya ringan, kalo bisa seringan ringannya hehe. Setelah nentuin bank dan buka tabungan di bank tersebut sebaiknya kartu debit yang didapet langsung setor ke emak atau langsung minta blokir aja dari bank-nya jadi tuh tangan gak gatel mau gesek sana gesek sini.

       2. Membagi pengeluaran
Kita juga harus pandai membagi uang dengan cermat dan tanggap. Misalnya bulan ini lagi kerenkerennya sepatu sport yang bener bener keren, kita harus berani hidup ala anak kost yang serba irit jadi pengeluarannya juga tipis gaes. Misalnya kalo mau beli cemilan waktu nongkrong sama teman kita pake jurus sum suman dimana kita membagi rata pengeluaran itu sama teman nongkrong gak rumit toh. jadi stiap pengeluaran yang semestinya lebih besar bisa jadi berkurang dan sisanya ditabung deh buat beli sepatunya.

       3. Recehan ajaib
 Selanjutnya kita harus sedian alat bantu tabungan seperti celengan. Jadi buat yang gak suka megang uang recehan atau logam bisa masukin uangnya ke celengan. Kalo udah nyeleng uang logam sekali pasti bakalan ketagihanloh dan akan buat penasaran. Penasaran seperti apa yang aku maksud? Penasaran berapa jumlah uang recehan yang akan terkumpul samapai celengan tersebut penuh. Itu salah satu cara ampuh buat nyisihin uang kecil yang kalo dikumpulin bisa jadi uang gede hehe. Udah gitu kita juga gak mesti ngandelin sisa belanjaan kita, kita juga bisa ngandelin uang logam yang jatuh atau sengaja dibuang dijalan karena orangnya nganggap kalo uang logam itu gak berharga. Kalo nemukan halal gaes beda sama yang namanya nyuri!!!


      4. Irit Bukan pelit
Gaes, remaja kayak kita itu harus irit yah, soalnya bakalan banyak penemuan baru yang bakal ngebuat kita iri sama orang yang punya. Ingat kita mesti irit bukan pelit, irit sama pelit itu beda tipis tau. Irit berarti ngurangin bukan berarti kita juga ngurangin sedekah loh, ingat sedekah pangkal kaya. Pelit berarti gak mau tau dengan sekitar dan gak mau berbagi. Hah itu dia bedanya menurut aku hehe. Kalo irit kita itu biasanya beli makanan yang porsi double dijadiin porsi single nah kalo pelit yang biasa beli porsi single jadi gabeli cuma minta doang wkwkw.

       5. keinginan
Keinginan sebenarnya adalah kunci yang paling berpengaruh dalam hal tabung menabung. Jangan ditanya kenapa. Karena dengan keinginan yang bulat pasti kita bisa menyisihkan sedikit sedikit untuk mencapai keinginan tersebut. Ketika kita menginginkan sesuatu barang dikondisi keuangan yang benar benar kritis maka tanpa disadari kita bisa memenuhi keinginan kita tersebut dengan menabung perlahan lahan. Benarkan??


  
Kalo menurut aku, cuma beberapa tips diatas yang bisa menggerakkan hati kecilku untuk menabung. Menabung itu adalah kegiatan yang sangan berguna untuk kedepannya loh gaes:) Tanpa kita sadari menabung juga bisa melatih kesabaran jugaloh.

Apabila tips diatas kurang berkenan untuk dilakukan yah jangan dilakukan yah. Sebenarnya ada satu tips yang paling bermanfaat menurut aku yaitu menabunglah dengan Mamak dirumah, itu tips paling efektif menurut aku setelah 5 tips diatas heheh. Kepikiran gak waktu nabung sama mamak uang gak bakalan bekurang untuk biaya administrasi kan? Mau ngambilnya juga bakalan ngeri soalnya mamak punya sejuta pertanyaan kalo uang yang kita minta mau dikemanakan. Contohnya
"Mau buat apa uangnya?"
"Baru nanbung segitu udah mau diambil aja"
"Jangan boros jadi orang!"
Pasti kata kata itu bakalan ngebatalin niat karena gak punya alasan buat ngejelasin itu ke mamak.


Oke, aku rasa cukup sampe disini aja Tips Menabung Remaja Kecenya yah hehe. Apabila ada salah kata yah dimaapin atuh:)

Wassalamualaikum^^

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar